Wattpad, Baik atau Buruk?

Wattpad, Baik Atau Buruk? - Pernah dengar nama Wattpad sebelumnya? Bagi kalian yang senang membaca, mungkin sudah tidak asing dengan salah satu media sosial berbasis karya tulis yang bernama Wattpad ini. Laman yang beralamatkan www.wattpad.com ini telah membawa perubahan yang signifikan pada dunia literasi kids jaman now! Namun, pernahkah kalian berpikir, apakah Wattpad ini membawa pengaruh positif atau negatif untuk kehidupan kita? Saya sempat memikirkannya, dan hasil dari pemikiran tersebut akan saya bagikan melalui tulisan saya ini. Silahkan dibaca dan mari kita bertukar pendapat kemudian.

Kelebihan Wattpad

Dari yang saya perhatikan, ada beberapa hal positif yang muncul bersama dengan kehadiran Wattpad ini. Beberapa yang jelas saya ketahui  adalah:

1. Memperluas jaringan dan memperbanyak teman

Seperti fungsi utama dari situs ini, yaitu sebagai media sosial, tentu Wattpad dapat membantu penggunanya berkomunikasi satu sama lain.  Bila ada diantara kalian yang suka menulis, dengan memanfaatkan aplikasi Wattpad ini, tidak mustahil bagi kalian untuk bertemu dengan komunitas yang bergerak di bidang literasi atau orang-orang hebat yang telah berlalu-lalang di dunia kepenulisan. Jadi, Wattpad secara tidak langsung mampu memperluas jaringan kalian khususnya di bidang kepenulisan dan penerbitan serta menambah teman yang juga penulis atau yang suka membaca. Keren, ya?

2. Memberikan kesempatan untuk semua orang berkarya

Karena bersifat gratis, semua orang yang punya komputer atau gawai (tahu gawai apa, kan?) bisa menulis dan berkarya di Wattpad. Dari anak SD yang baru belajar nulis sampai tukang ojek online yang lagi nunggu orderan, semua bisa menulis dan mengekspresikan ide-idenya disini. Kurang keren apa coba?

3. Mendukung perkembangan kreativitas dalam dunia kepenulisan dan budaya literasi

Mendukung perkembangan kreativitas dalam dunia kepenulisan dan budaya literasi, keren nggak Wattpad? Wattpad hadir membawa gaya hidup baru bagi remaja jaman now. Saya pernah dengar kalau orang zaman sekarang lebih memilih menonton dan mendengar ketimbang membaca, tapi berkat Wattpad, membaca dan menulis menjadi suatu hal yang cukup menarik untuk kembali diulik. Jumlah orang yang membaca dan serta menulis cerita pun meningkat karena kehadiran Wattpad ini. So, jelas sekali kalau Wattpad itu sangat berpengaruh pada perealisasian tagline  ‘Budayakan Literasi’ yang sempat digembar-gemborkan oleh pemerintah dan aktivis.

4. Membuka lowongan pekerjaan baru

Wattpad tidak hanya memunculkan minat baca tapi juga memunculkan peluang usaha baru. Lebih tepatnya, Wattpad menyediakan kesempatan bagi para penggunanya untuk dapat meraih kesuksesan bersama Wattpad. Sudah banyak penulis yang merilis buku karena Wattpad, banyak juga editor dan penulis yang bekerja atau bekerjasama dengan perusahaan penerbit karena Wattpad. Pokoknya, Wattpad pancen oke buat kita semua kaula muda!

Kekurangan Wattpad

Akan tetapi, menurut saya Wattpad juga memberi dampak negatif untuk beberapa pihak. Yang saya dapat dari pengamatan saya adalah:

1. Mengurangi minat membaca buku

Kemunculan Wattpad tak bisa dipungkiri merupakan salah satu gebrakan besar yang merubah  kebiasaan masyarakat, khususnya remaja masa kini. Orang-orang yang sekarang mengenal Wattpad menjadi kurang tertarik dengan printed book atau buku cetak. Alasannya biasanya karena berbayar (harus beli), nggak praktis (bikin berat tas, bikin penuh tangan), jauh (harus ke toko buku dulu lah buat baca doang!), dan masih banyak alasan-alasan lain yang kalau dikumpulkan dan bisa dijual, sudah bisa bikin saya kaya. Walhasil hal ini akan berpengaruh pada poin selanjutnya.

2. Menutup bisnis percetakan buku konvensional

Karena kurang minatnya orang-orang terhadap buku konvensional atau buku cetak, akhirnya makin sedikit produksi buku cetak ini. Orang-orang pun semakin sedikit yang datang ke toko buku untuk membeli buku. Sesekali saya mengunjungi toko buku, yang dilakukan oleh pengunjungnya adalah melihat-lihat. Kalau saya tarik garis besarnya, dari 100 pengunjung, 10 saja yang datang karena ingin membeli buku, 90 sisanya ikut nyejuk karena toko buku itu biasanya ber-AC atau ikut ngabis-ngabisin waktu aja karena tempatnya cozy dan gratis. Karena itu, nggak mustahil kalau misalnya suatu hari nanti, perusahaan penerbit banyak yang gulung tikar atau merubah haluan ke buku digital dan toko-toko buku berubah jadi tempat-tempat untuk syiar MLM.

3. Merusak mata dan meningkatkan sifat mager atau males gerak

Sebagaimana aplikasi lainnya, Wattpad masihlah menggunakan alat elektronik sebagai medianya baik itu komputer ataupun gawai. Wattpad menuntut para penggunanya untuk memandangi layar LCD atau gawai mereka dalam jangka waktu yang terbilang lama. Tentunya itu akan berpengaruh ke mata kita. Selain mata, Wattpad juga berpengaruh pada perilaku kita. Karena fleksibilitas dan responsibilitasnya, Wattpad membuat orang-orang menjadi mager/ males gerak. Kerjaan para pengguna Wattpad mayoritas adalah duduk atau tiduran sambil baca! Bagus? Bagus untuk otak, tidak untuk perilaku. Inget aja, smart is number two. The first is behavior! Silahkan artikan sendiri maksud saya apa.

4. Menurunkan semangat bersosialisasi di dunia nyata

Sebenernya masih berhubungan dengan perilaku mager yang saya sudah singgung sedikit sebelumnya. Karena para pengguna Wattpad biasanya diam di suatu tempat yang nyaman, mereka tidak sering keluar dari daerah nyaman mereka (entah itu ruang tengah, kamar, kamar mandi, atau kamar tetangga). Hal ini berdampak pada intensitas sosialisasi mereka di dunia nyata. Ingat sosialisasi di dunia nyata, bukan virtual yang komunikasinya berlangsung via chat, atau free call, atau juga video call. Nantinya, semangat gotong royong bangsa Indonesia akan semakin berkurang dan mungkin pada akhirnya terlupakan. Kemudian image masyarakat Indonesia yang ramah dan gemar membantu pun pudar sedikit demi sedikit dan berubah warna menjadi apatis dan individualis seperti orang-orang di negara maju yang hidupnya serba cepat. Duh! Serem, ya?

Itulah sedikit yang saya tangkap tentang pengaruh dari Wattpad terhadap kehidupan kita sekarang ini. Saya sendiri (cie masih sendiri!) merasa kalau kehadiran Wattpad ini harus tetap dibarengi dengan pembekalan moral dan pendampingan dari orang yang cukup dewasa untuk memberikan wawasan guna mencegah dampak dan kemungkinan buruk yang sudah saya jelaskan diatas terjadi.

Saya tunggu opini dan gagasan kalian. Siapa tahu diantara kalian ada yang punya pendapat keren atau solusi luar biasa untuk masalah yang saya paparkan. Tolong sebisa mungkin untuk tidak bilang hal-hal seperti ini, “Itu sih kembali ke pribadinya masing-masing,”, atau “Nggak semua orang kaya gitu,”, dan lainnya karena saya mengungkapkan ini secara umum. Yang tidak ‘seperti itu’ ya bagus. Justru karena orang-orang yang ‘seperti itu’ saya ingin berdiskusi bersama kalian!

Terima kasih dan sampai jumpa lagi di tulisan saya lainnya.
Nisfa Nurfadilah Rachmaniar
Halo, saya Nisfa. Saya adalah pengelola dari Ninura, sebuah online shop yang sekaligus media informasi dan hiburan melalui beberapa anak situsnya. Salam kenal, dan semoga betah di Ninura.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter